7 Bahan Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau Hipertensi (HTN) merupakan masalah kesehatan yang bisa menimbulkan masalah lain jika tidak segera diatasi. Hipertensi merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung, stroke, penyakit finja, penyakit arteri, dll. Padahal pada umumnya penyebab darah tinggi sulit diketahui secara medis. Biasanya manusia baru sadar ketika dirinya melakukan tes tekanan darah. Sangat disarankan untuk segera memeriksakan dan kosnultasikan ke dokter ketika tekanan darah kamu berada di atas tekanan darah normal.
Gaya hidup dan faktor makanan sangat berpengaruh terhadap tingkat tekanan darah. Berberapa jenis makanan membantu mengontrol tekanan darah dan bahkan membantu dalam menurunkan tekanan darah. Berikut adalah aneka sumber makanan penurun darah tinggi:
Makanan Penurun Darah Tinggi
1. Sayuran hijau
Sayuran hijau merupakan aset untuk untuk kesehatan. Bayam dan ketumbar sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Bayan dan daun ketumbar merupakan sumber kalium, sehingga kehadirannya merupakan penurun tekanan darah tinggi. Daun seledri juga diyakini mampu menurunkan darah tinggi dengan cepat.
2. Susu skim
Susu skim adalah susu bebas lemak yang merupakan sumber dari kalsium dan vitamin D. Kehadiran kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan dalam menurunkan tekanan darah. Sebaliknya jika kekurangan akan berdampak pada hipertensi.
3. Tomat
Jika dikonsumsi secara teratur, tomat akan membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat. Tomat kaya akan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Nutrisi ini penting untuk mengurangi tekanan darah tinggi.
4. Bawang merah dan bawang putih
Satu siung bawan putih mentah dapat memberikan keajaiban. Bawang membantu dalam mencegah pembekuan darah dan penebalan darah merah. Bawang juga merupakan obat alami dalam menahan efek buruk yang disebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga membantu dalam menghilangkan sumbatan di jantung.
5. Gandum
Gantilah sarapan kamu dengan roti yang terbuat dari gandum murni. Gandum merupakan sahabat untuk penderita hipertensi. Konsumsi gandum secara teratur, efektif dalam menurunkan darah tinggi.
6. Makanan yang kurang asin dan kurang pedas
Makanan yang asin-asin harus dihindari ketika kamu sedang mengalami darah tinggi. Yodium merupakan elemen yang menyebakan peningkatan tekanan darah di arteri. Natrium adalah bahan utama dari garam dan sangat disaran mengkonsumsi makan yang kurang asin untuk menurunkan tekanan darah. Makanan pedas juga dapat menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi.
7. Buah-buahan
Buah-buahan segar merupakan sumber makanan penurun darah tinggi yang alami. Buah-buahan mengandung berbagai mineral penting dan vitamin yang membantu dalam menurunkan darah tinggi.

Gambar : pengobatankolesterol.com

Post a Comment

0 Comments