8 Khasiat Bawang Bombai Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Bawang Bombai – Bawang bombai adalah salah satu rempah yang memberi cita rasa lezat dan aroma sedap pada masakan. Selain itu, bawang bombai juga memberikan manfaat lain dalam hal kesehatan. Bahan masakan yang termasuk dalam jenis bawang ini ternyata menyimpan banyak khasiat penting yang baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja khasiatnya? Simak ulasannya berikut ini..

Khasiat Bawang Bombai

1. Menjaga kesehatan jantung
Penelitian menunjukkan jika makan setengah potong bawang bombai dapat menurunkan kolesterol jahat. Hal ini secara otomatis juga akan menjaga kesehatan jantung. Khasiat bawang bombai akan terasa efektif jika dimakan mentah dan dikonsumsi secara rutin.
2. Melancarkan peredaran darah
Bawang bombai mengandung fitokimia, zat kimia atau nutrien yang dapat membantu vitamin C mengoptimalkan fungsinya terhadap tubuh. Adanya fitokimia dalam bawang bombai juga dapat meredakan inflamasi dan melancarkan peredaran darah, sehingga pada akhirnya dapat menjaga fungsi sistem kardiovaskular.
3. Mencegah osteoporosis
Bawang bombai mengandung senyawa khusus yang bisa menggantikan pengeroposan tulang pada wanita penderita osteoporosis. Oleh sebab itu, bila anda ingin mencegah osteoporosis dengan cara alami, maka konsumsilah bawang bombai secara teratur.
4Membantu mengontrol gula darah
Bawang bombai juga mengandung kromium, merupakan mineral penting yang dapat membantu sel-sel  dalam merespon kinerja insulin untuk mengatur gula darah dalam tubuh agar tetap terkontrol.
5Melancarkan Pencernaan
Bawang bombai kaya akan serat. Serat merupakan nutrisi yang sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan tubuh. Pencernaan yang sehat akan menjauhkan anda dari hal-hal seperti susah buang air besar atau sembelit.
6Meningkatkan sistem imun
Mengonsumsi bawang bombai juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh dan mengatasi inflamasi. Sistem imun yang kuat merupakan kunci utama mempertahankan diri dari berbagai serangan penyakit.
7Mencegah asma
Penelitian medis menunjukkan bahwa senyawa belerang yang terdapat pada bawang bombai dapat menghentikan formasi rantai biokimia yang bisa menyebabkan terjadinya asma. Bawang bombai juga memudahkan pencairan dahak pada pasien yang menderita batuk parah.
8Mencegah kanker
Bawang bombai mengandung kuersetin (quercetin) dan senyawa flavonoid lainnya yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Flavanoid merupakan antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kuersetin telah diketahui dapat memperlambat atau bahkan menghentikan pertumbuhan tumor dan melindungi sel-sel dari ancaman kanker, terutama kanker usus besar.
sumber : artikelkesehatan99.com
gambar : myvegbox.co.uk

Post a Comment

0 Comments