8 Makanan Tak Terduga Yang Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam darah adalah salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung. Yang perlu anda ketahui adalah, tingginya kadar kolesterol tidak akan terbentuk dalam hitungan hari, namun secara perlahan-lahan. Pola makan yang salah sering dikambing-hitamkan menjadi salah satu penyebabnya, dan hal itu memang benar adanya.
Walaupun tidak mempunyai gejala, tanda-tanda, atau riwayat keluarga dengan penyakit jantung, anda tetap diwajibkan untuk menjaga pola makan yang sehat demi menjaga kesehatan tubuh anda. Mungkin anda merasa telah menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak, sumber kolesterol. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang mungkin tidak anda duga sebelumnya, ternyata mengandung kolesterol yang tinggi.

Beberapa Makanan Tak Terduga Yang Bisa Meningkatkan Kadar Kolesterol

1. Pizza
Sepotong pizza memiliki kandungan lemak sebanyak 10 gram serta 4,4 gram lemak jenuh. Ini belum termasuk topping-nya yang kemungkinan besar juga mengandung lemak.
2. Produk kelapa
Walaupun pengonsumsian dalam tingkat sedang tidak terlalu memberikan efek buruk pada kadar kolesterol darah, namun produk kelapa seperti minyak kelapa maupun santan juga mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.
3. Pai dan Kue
Makanan-makanan ringan seperti kue menyumbang jumlah asupan kalori yang cukup besar bagi tubuh, yang pada akhirnya akan meningkatkan kadar kolesterol anda. Bahan-bahan yang sering dilibatkan dalam pembuatan kue seperti susu, krim, keju, dan mentega mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.
4. Produk susu
Produk susu memang menawarkan nutrisi penting seperti mineral, kalsium, vitamin, dan protein, namun juga mengandung lemak jenuh. Maka konsumsilah secara moderat atau pilihlah produk susu yang rendah lemak.
5. Popcorn
Satu wadah popcorn yang berukuran sedang mengandung 1200 kalori dan 60 gram lemak jenuh. Hal ini karena popcorn diolah dengan melibatkan minyak sehingga mempengaruhi kadar kolesterol.
6. Kentang tumbuk
Mashed potato atau kentang tumbuk yang sering dijumpai di restoran-restoran mewah, dinilai mengandung lemak yang cukup tinggi. Hal ini karena pengolahan kentang tumbuk melibatkan bahan-bahan seperti keju, mentega, susu, dan krim, sehingga membuat makanan berkarbohidrat ini dicap sebagai makanan yang tinggi lemak jenuh.
7. Gula tambahan
Gula tambahan memiliki hubungan dengan penurunan kadar kolesterol “baik” dalam darah. Mengurangi gula tambahan dalam makanan atau minuman tidak hanya mengurangi risiko penyakit diabetes, namun juga dapat memperbaiki kadar kolesterol.
8. Daging Unggas
Daging unggas memang bisa menjadi alternatif untuk menggantikan daging merah karena mengandung lemak yang lebih rendah. Namun apabila dikonsumsi terlalu sering atau dalam jumlah banyak, daging unggas juga bisa memberikan efek negatif, di mana salah satunya ialah dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
 sumber : artikelkesehatan99.com
gambar : wallpaperswide.com

Post a Comment

0 Comments