4 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Tuntutan kerja di era modern seperti sekarang ini, membuat kinerja mata menjadi lebih tinggi lagi. Penggunaan gadget seperti laptop atau komputer bisa mempengaruhi kesehatan mata. Efek yang ditimbulkan dari gadget tersebut adalah membuat mata lebih mudah lelah dan terasa nyeri. Oleh sebab itu, janganlah menyepelekan kesehatan mata, jaga mata agar selalu sehat setiap harinya. Adapun beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk menjaga mata tetap sehat adalah :

1. Pencahayaan
Cahaya berwarna merah, kuning, dan hijau bisa menyebarkan cahaya yang hangat. Maka carilah lampu pijar dengan ukuran 60 watt untuk intensitas pencahayaan ruangan tidak tinggi.
2. Matikan komputer
Bekerja selama berjam-jam di depan komputer tanpa istirahat sedikitpun bisa mempengaruhi kesehatan mata. Mungkin saat ini anda tidak merasakannya, namun cepat atau lambat, anda mungkin menyadari bahwa mata jadi lebih mudah lelah dari biasanya. Mata yang lelah bisa meningkatkan risiko degenaris makula, yakni suatu kondisi medis yang umumnya mempengaruhi orang tua. Kondisi ini juga menyebabkan penurunan ketajaman penglihatan. Ada baiknya matikan komputer atau laptop untuk beberapa waktu sembari mengistirahatkan mata.
3. Konsumsi ikan
Mengonsumsi ikan ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Sebuah penelitian melaporkan bahwa asam lemak omega-3 mampu mengurangi kadar toksin yang berperan dalam hilangnya penglihatan di usia tua. Konsumsilah ikan setidaknya dua kali dalam seminggu. Anda bisa memilih ikan tuna, salmon, atau jenis ikan lainnya.
4. Konsumsi kafein
Walaupun efeknya tidak secara langsung, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Ophthalmology mengatakan bahwa kafein bisa meningkatkan produksi air mata, yang dipercaya mampu mengurangi rasa lelah mata.
Kesehatan mata sering dianggap remeh. Hal ini memang cukup beralasan, mengingat prosentase permasalahan kesehatan pada mata tidak sesering yang terjadi pada bagian tubuh lainnya. Namun demikian anda dianjurkan untuk selalu menjaga kondisi mata agar tetap sehat. Jika mata anda lelah, sebaiknya segera istirahatkan mata dan jauhkan mata dari peralatan elektronik yang mempunyai intensitas cahaya yang tinggi seperti pada layar komputer, laptop, ataupun televisi.

sumber : artikelkesehatan99.com
image : humana.com

Post a Comment

0 Comments