8 Tanda Tubuh Kurang Zat Besi

Zat besi diperlukan oleh tubuh diantaranya untuk membentuk sel-sel darah merah. Zat besi banyak ditemukan pada sayuran berwarna hijau dan juga daging merah.
Asupan zat besi dibutuhkan tubuh kapan saja, dan biasanya sudah terpenuhi dengan menerapkan pola makan dengan gizi seimbang. Memenuhi kebutuhan zat besi sehari-sehari sangat penting bagi tubuh, karena apabila kebutuhan tersebut tidak tercukupi, maka bisa menyebabkan terganggunya kesehatan.

Tanda-tanda tubuh kekurangan zat besi

Ada beberapa tanda yang menunjukkan tubuh membutuhkan tambahan zat besi, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Mudah letih
“Tubuh memerlukan zat besi untuk pembentukan hemoglobin, senyawa dalam sel darah merah yang berperan dalam pengangkutan oksigen,” kata Blaire Morris, ahli kesehatan dari Vanderbilt Center for Integrative Health. Saat darah merah tidak dapat mengangkut oksigen yang diperlukan, maka tubuh akan terasa cepat letih.
2. Susah konsentrasi
Pembentukan neurotransmitter dapat terpengaruh ketika seseorang kekurangan zat besi. Fungsi normal otak bisa terganggu, dan salah satu dampaknya adalah susah konsentrasi.
3. Cenderung apatis
Berkurangnya neurotransmitter juga mempengaruhi sikap seseorang seperti bersikap apatis atau cuek terhadap lingkungan. Keluarga, teman dekat, dan bahkan pekerjaan dapat terabaikan saat tubuh kekurangan zat besi.
4. Pucat
Memiliki wajah pucat pasi bukanlah hal yang menyenangkan. Wajah putih namun pucat bukan berarti cantik melainkan menjadi pertanda bahwa sel darah merah yang mengaliri tubuh terlalu sedikit.
5. Sesak napas
Tubuh akan kekurangan oksigen apabila tubuh kekurangan zat besi. Hal ini mengakibatkan aktivitas fisik seringan apapun dapat menyebabkan napas terasa berat untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya.
6. Kuku rapuh dan cekung
Kuku anda mudah patah? Jika ya, maka waspadalah, karena kuku yang mudah patah merupakan salah satu tanda anda kekurangan zat besi. Selain rapuh, umumnya kuku juga sering membentuk cekungan seperti sendok.
7. Tidak betah berolahraga
Cepat lelah, napas pendek, dan kekuatan otot yang menurun merupakan tanda-tanda seseorang kekurangan zat besi. Kondisi ini pada akhirnya membuat orang tidak betah untuk berlama-lama berolahraga.
8. Urin berwarna merah atau pink setelah makan buah bit
Beeturia adalah kondisi di mana urin berwarna merah atau merah muda setelah mengonsumsi buah bit (beet). Kondisi ini sebenarnya normal, namun lebih sering terjadi pada orang-orang yang kekurangan zat besi.
sumber : artikelkesehatan99.com

gambar : ironrichfoods.info

Post a Comment

0 Comments